Equityworld Futures – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut APBD bukan satu-satunya sumber dana bagi pembangunan daerah. Di luar itu masih ada tujuh sumber pendanaan lain yang dapat dimanfaatkan, seperti dana CSR (corporate social responsibility) pihak BUMN dan swasta, investasi asing, serta dana hibah.

Khusus untuk mendapatkan hibah dari pihak lain di dalam negeri maupun luar negeri seorang pemimpin harus luwes bergaul dan menjalin jejaring pertemanan. Itu saja belum cukup, sebab pihak lain biasanya hanya akan memberikan bantuan bila si calon penerima diyakini kredibilitas dan integritasnya cukup baik.

“Dalam dunia politik, dalam dunia bantu-membantu, harga termahalnya itu adalah trust. Apakah hibah yang diterima dimanfaatkan secara transparan? Saya menjaga betul integritas pribadi supaya kepercayaan orang tidak lari,” Kang Emil, sapaan mantan Wali Kota Bandung itu, dalam wawancara eksklusif yang tayang di detikcom, Kamis (20/12/2018).

Ia mencontohkan, dalam membuat desain perbaikan Kali Malang di Bekasi maupun puluhan objek wisata dan alun-alun kabupaten/kota di Jawa Barat dia mendapat sokongan penuh dari para koleganya sesama arsitek. Kang Emil menyebut ada sekitar 15 tim arsitek yang membantu membuat berbagai desain perbaikan kota-kota di Jabar.

“Mereka memberikan hibah dalam bentuk pemikiran, kreatifitas desain aristektur, gratis tanpa saya membebani APBD. Saya harus berterima kasih kepada mereka,” kata Kang Emil.

Begitu juga terkait pembatas jalan bersilinder putar (Roller Barrier) ala Korea Selatan untuk meningkatkan keselamatan pengguna jalan didapatnya dengan gratis dari jaringan pertemannya di luar negeri. Rencananya, Roller Barrier itu salah satunya akan dipasang di ruas Jalan Cikidang, Sukabumi yang pernah menjadi lokasi kecelakaan maut beberapa bulan lalu.

“Itu salah satu contoh hibah juga. Tapi fisiknya memang belum kelihatan karena masih tertahan di Tanjung Priok. Mudah-mudahan bisa secepatnya bisa kita pasang di Sukabumi sebagai proyek percontohan,” kata Emil.

Equityworld Futures

Equityworld