Equity World Futures – Opera merilis sebuah fitur anyar untuk browsernya, yaitu mode pengirit baterai, yang diklaim bisa menghemat penggunaan baterai laptop sebanyak 50%.Pengiritan ini bisa terjadi karena mereka melakukan sejumlah modifikasi pada browsernya itu. Termasuk seperti mengurangi aktivitas dari tab latar belakang, menyesuaikan page-redrawing frequency dan pengaturan parameter video playback.

“Mode hemat daya baru kami akan memberitahu Anda ketika laptop mulai mengkonsumsi baterai dan ketika mode ini diaktifkan, Anda dapat meningkatkan usia pemakaian baterai Anda sebanyak 50%, “kata Krystian Kolondra, SVP of Engineering untuk Opera, dalam keterangan yang diterima detikINET, Jumat (13/5/2016).

Fitur ini baru bisa diaktifkan saat pengguna mencabut charger laptopnya, ditandai dengan munculnya icon kecil pada bagian kanan atas browser, yang harus diklik untuk mengaktifkannya. Perlu diingat, sementara fitur ini baru tersedia di browser Opera versi developer.

Klaim hemat daya sebanyak 50% ini didapat dari pengujian yang dilakukan secara internal oleh Opera. Metodenya adalah dengan membuka 11 situs populer, termasuk YouTube, men-scroll tiap situs itu sebanyak lima kali, meninggalkannya selama semenit, kemudian menutup tab. Langkah-langkah ini diulang sampai laptop kehabisan baterai.

sumber : detik.com