30m15Bursa Saham Eropa ditutup menguat dengan memangkas penurunan mingguan tertajamnya sepanjang tahun 2015 ini.

Indeks Stoxx Europe 600 menguat 0.3% ke level 395.54 pada sesi penutupan perdagangan saham. Acuan saham tersebut hampir menghapus gain di akhir sesi jam perdagangan saham ditengah penurunan pada saham-saham perusahaan pertambangan dan energi sebelum bergerak naik.

Sepanjang tahun 2015 ini Indeks Stoxx 600 telah reli sebesar 15% ditengah rencana stimulus ECB (European Central Bank) dengan mencatatkan kuartal terbaiknya sejak 2009 silam. Kemarin Presiden ECB Mario Draghi menyatakan bahwa dia percaya program stimulus akan mencapai targetnya sebesar 60 miliar euro ($65 miliar) meski mengalami kendala dalam bulan pertama.

Pada Jumat pagi ini Indeks Stoxx 600 sempat memangkas kenaikan sebesar 0.8% setelah Departemen Perdagangan AS merilis data perekonomian AS yang menyatakan ekonomi AS tumbuh pada laju terendahnya dari yang diperkirakan oleh para ekonom sebelumnya.

Pada pekan ini Bursa Saham Benua Biru telah mengalami penurunan sebesar 2.1% yang dipimpin oleh penurunan saham-saham perusahaan teknologi dan produsen komoditas ditengah upaya Arab Saudi dan sekutunya memulai penyerangan terhadap para pemberontak di Yaman. Saudi memimpin serangan pasukan koalisi angkatan udara dekat lading minyak di sebelah Timur ibukota Yaman pada Jumat ini.

Sumber : Bloomberg