Jakarta

Pertumbuhan ekonomi menjadi prioritas utama pemerintahan saat ini. Hingga akhir tahun 2015 sektor perekonomian Indonesia ditargetkan bertumbuh hingga 5,2%. Priotitas ini juga merupakan salah satu agenda yang terdapat dalam program Nawa Cita Jokowi – JK yang kesuksesannya tentu dinanti oleh seluruh rakyat.

Tetapi ada satu tantangan yaitu masih kurangnya konektivitas antar daerah yang dapat berdampak pada pertumbuhan ekonomi. Karena itu pembangunan infrastruktur baik dari segi sarana dan prasarana maupun akses komunikasi yang baik harus segera diwujudkan.

Saat ini Indonesia masih kekurangan berbagai fasilitas seperti jalan penghubung antar propinsi, ketersediaan energi, air dan selain itu kurang meratanya akses informasi. Belum meratanya jaringan pita lebar (broadband) membuat kemudahan komunikasi dan akses informasi cepat hanya dimiliki oleh orang-orang di kota besar saja. Keamanan di ranah dunia maya pun masih belum baik.

Pemerintah pusat telah merancang anggaran sedemikian rupa untuk pembangunan infrastruktur lima tahun ke depan. Tapi permasalahannya pembangunan infrastruktur melibatkan banyak pihak yang masing-masing punya kepentingan berbeda juga. Perlu ada sebuah forum khusus agar semua pihak terlibat dapat duduk bersama dan membahas arah pembangunan infrastruktur.

Karena itu Indonesia Infrastructure Week kembali dihadirkan tahun ini. Seperti tahun-tahun sebelumnya, ajang berbagi pengetahuan dan diskusi ini dibagi ke dalam 4 sub acara yaitu Airport and Aviation Indonesia (AAI) yang akan membahas mengenai perbaikan layanan, keamanan, sistem operasional dan fasilitas bandara. Lalu ada Indonesia International Infrastructure Conference and Exhibition (IIICE) yaitu sebuah forum berskala nasional bagi pelaku industri dari sektor swasta dan pemerintah untuk membangun kerjasama dalam pembangunan infrastruktur.

Selain itu ada Konstruksi Indonesia yang akan dihelat oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan. Tujuannya untuk menjaring minat investor demi mendukung keberhasilan pembangunan seluruh infrastruktur yang ditargetkan di Indonesia. Terakhir tak kalah penting adalah Connect Expo Comm Indonesia (CECI). Sebuah forum untuk membahas kesiapan dan perbaikan jaringan broadband, keamanan di ranah cyber dan infrastruktur komunikasi di Indonesia.

Selama sepekan yaitu 4-6 November 2015 berbagai perusahaan baik swasta maupun BUMN akan hadir dalam pameran infrastruktur di Indonesia Infrastructure Week 2015. Selain itu akan ada juga beberapa forum diskusi dan berbagi pengetahuan agar semua pihak yang dapat berkontribusi dalam pembangunan infrastruktur, mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, swasta dan investor dapat saling berinteraksi. Tujuan akhirnya agar tercipta kerjasama satu sama lain.

Pelaksanaan Indonesia Infrastructure Week selalu disambut antusias. Terbukti dengan peningkatan pengunjung yang melebihi 100% dan peningkatan jumlah peserta pameran yang cukup signifikan setiap tahunnya. Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut silakan klik http://www.indonesiainfrastructureweek.com/id#.

 

Sumber: Detik.com