3Emas diperdagangkan stagnan di New York karena menuju penurunan mingguan pertama terkait ekuitas yang lebih tinggi dan penguatan mata uang dolar sehingga menahan permintaan untuk logam.

Ekuitas global mencapai level tertinggi dalam lebih dari sepekan terakhir di tengah upaya bank sentral untuk mendukung pertumbuhan global. Sementara Indeks Dollar Spot Bloomberg, yang memantau mata uang dolar terhadap 10 mata uang utama lainnya, berada mendekati level tertinggi dalam lima tahun terakhir.

Emas turun ke level terendah dalam dua pekan terakhir pada 17 Desember lalu setelah Federal Reserve mengganti referensi untuk biaya pinjaman tetap rendah untuk “waktu yang lama” dengan berjanji untuk bersabar dalam menaikan suku bunga. Peningkatan mata uang dolar yang lebih tinggi dapat memangkas daya tarik emas karena emas umumnya menawarkan investor kembali hanya melalui kenaikan harga.

Bullion untuk pengiriman Februari di Comex naik 10 sen ke level $ 1,194.90 per ounce pukul 07:21 pagi di New York. Pekan ini bullion turun 2,3 %. Sementara volume berjangka diperdagangkan sebesar 47 % lebih rendah dari RSI 100 hari terakhir pada hari ini, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg. Sedangkan emas untuk pengiriman segera turun 0,2 % ke level $ 1,196.35 per ounce. (vck)

Sumber: Bloomberg