Equity World Futures – Penjaga Pantai Italia menyelamatkan 1.348 migran dalam 11 operasi penyelamatan di antara Sisilia dan Afrika Utara. Angka itu menggenapi jumlah migran yang diselamatkan selama tiga hari terakhir, mencapai lebih dari 3.000 orang.

Seperti dikutip dari laman Reuters, Minggu (12/6/2016), dua ribu orang telah diselamatkan pada hari Kamis lalu ketika Penjaga Pantai mengkoordinasikan sebuah operasi terhadap 15 perahu migran yang berbeda.

Italia berada di garis depan krisis imigrasi Eropa yang telah memasuki tahun ketiga. Hampir 50 ribu migran telah merapat di Italia pada tahun ini. Jumlah itu 10 persen lebih rendah dari periode yang sama pada tahun lalu, seperti dikatakan Kementeria Dalam Negeri Italia.

Sepanjang tahun ini lebih dari 40.000 migran telah menyeberangi Laut Mediterania dari Afrika Utara ke Italia. Mereka membayar para penyelundup agar bisa melakukan perjalanan. Jumlah ini meningkat tajam sejak tahun 2014 lalu.

Para migran membayar hingga ratusan dolar untuk mendapatkan tempat di kapal. Namun, kapal yang ditumpangi kerap tidak layak dan tenggelam di perjalanan sehingga memaksa misi penyelamat internasional menyelamatkan mereka.

Sumber : International.sindonews.com