Equityworld Futures – Tapanuli Tengah -Indonesia baru saja mendapatkan kenaikan peringkat untuk keselamatan dan keamanan penerbangan dari Federal Aviation Administration (FAA) ke kategori 1. Garuda Minati Penerbangan ke Amerika Serikat

 

Sebelumnya Indonesia hanya bertengger di peringkat 2 yang berarti keselamatan dan keamanan penerbangan Indonesia belum masuk ke dalam standar internasional.

Dengan adanya kenaikan peringkat tersebut, maskapai dalam negeri yaitu PT Garuda Indonesia Tbk, tengah melirik rute penerbangan Indonesia-Amerika Serikat dan sebaliknya.

 

Pengajuan izin rute penerbangan ke negeri Paman Sam tersebut juga tengah diproses di Kementerian Perhubungan seiring dengan keluarnya izin tertulis dari FAA.

“Pertama pesawat kita bisa terbang ke Amerika Selatan karena standar keselamatan penerbangan.

Garuda Indonesia berminat dan saat ini sedang proses,” kata Dirjen Perhubungan Udara, Suprasetyo, di Bandara Dr Ferdinand Lumban Tobing, Tapanuli Tengah, Minggu (7/8/2016).

Dia menambahkan, maskapai milik negara tersebut meminati dua rute penerbangan ke Amerika Serikat, yaitu New York dan Los Angeles.

Dua kota tersebut menjadi pilihan lantaran banyaknya permintaan penerbangan dari Indonesia ke kota tujuan tersebut.

“Diminati New York sama Los Angeles. Tergantung nanti pesawatnya, kalau mampu ya bisa direct flight (penerbangan langsung),” tutur Suprasetyo.

Proses kenaikan peringkat penerbangan dari FAA sudah diupayakan sejak 2015 silam.

Namun, kenaikan peringkat dari FAA ke katogori 1 baru didapatkan di tahun ini. Izin dari FAA untuk maskapai Indonesia yang ingin melayani

penerbangan ke AS akan keluar pada 20 Agustus 2016 mendatang.

“Jadi sejak tahun 2007 Indonesia dari hasil audit FAA masuk ke kategori 2 Artinya tidak memenuhi standar keselamatan penerbangan internasional.

Satu setengah tahun kita perbaiki. Pada 20 Juli lalu mereka (FAA) mengatakan kita sudah comply memenuhi standar penerbangan internasional. Tinggal menunggu pengumuman FFA, mereka bilang satu bulan dari 20 Juli,” tutup Suprasetyo.

 

Sumber: Detik.com