equityworld futures Harga yang dibayarkan kepada produsen AS naik pada bulan September pada kecepatan yang lebih moderat karena biaya layanan seperti tiket pesawat menurun karena varian delta memengaruhi permintaan.

Indeks harga produsen untuk permintaan akhir meningkat 0,5% dari bulan sebelumnya dan 8,6% dari tahun sebelumnya, data Departemen Tenaga Kerja menunjukkan Kamis. Tidak termasuk komponen makanan dan energi yang mudah menguap, yang disebut PPI inti naik 0,2%, kenaikan terkecil tahun ini, dan naik 6,8% dari tahun lalu.

Perkiraan rata-rata dalam survei Bloomberg terhadap para ekonom menyerukan kenaikan 0,6% bulan ke bulan dalam keseluruhan PPI dan kenaikan 8,7% pada angka inti.

Biaya layanan naik hanya 0,2%, kenaikan terkecil dalam tiga bulan, sebagian mencerminkan penurunan hampir 17% dalam harga untuk layanan penumpang maskapai, laporan PPI menunjukkan. Harga yang dibayarkan kepada produsen untuk barang meningkat 1,3%, terbesar dalam empat bulan.

PPI terus meningkat tahun ini karena gangguan dalam jaringan pasokan dan kendala yang mencakup kekurangan bahan dan tenaga kerja, menaikkan biaya produksi. Perusahaan telah menyampaikan setidaknya sebagian dari biaya tersebut kepada pelanggan mereka, yang menjelaskan percepatan harga konsumen baru-baru ini.

Sebuah laporan terpisah Rabu menunjukkan harga yang dibayar oleh konsumen naik pada bulan September lebih dari perkiraan, membukukan kenaikan tahunan terbesar sejak 2008.

Negara-negara di dunia mengalami inflasi yang lebih tinggi. Di China, eksportir terbesar di dunia, indeks harga pengukur yang dibayarkan ke pabrik naik bulan lalu paling banyak sejak 1975.(mrv)

Sumber : Bloomberg

equityworld futures