Equityworld Futures Pemerintah memastikan telah menyiapkan sanksi bagi yang tetap mudik di masa pelarangan mudik tanggal 6 hingga 17 Mei 2021. Menurut Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati, jika ada masyarakat yang bepergian menggunakan moda transportasi tanpa menunjukkan surat pendukung memiliki syarat dikecualikan dari larangan mudik, akan langsung mendapat sanksi.

“Yang teringan, diputarbalikkan, diminta pulang. Kendaraan umum, yang tidak punya izin atau tidak resmi, mereka juga akan diputarbalikkan,” ujar Adita dalam webinar, Kamis (6/5/2021).

Baca Juga: Pemerintah Larang Mudik Lokal di Kawasan Aglomerasi, Berikut Wilayahnya

Dia menegaskan, sanksi terberat dikenakan bagi mereka yang tidak hanya melanggar regulasi peniadaan mudik, tetapi juga melanggar undang-undang lalu lintas, seperti travel gelap. Operator transportasi yang menjalankan travel gelap bisa dikenakan sanksi administrasi hingga pencabutan izin operasi jika nekat menjalankan bisnis tersebut. “Jadi, jangan terbujuk travel gelap karena dampaknya akan berat, apalagi kalau tertangkap dan ditahan,” katanya.

Equityworld Futures