Jakarta -PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) akan membangun jaringan transmisi listrik untuk mendukung program pembangkit listrik 35.000 Mega Watt (MW). Transmisi listrik yang akan dibangun PLN sepanjang 46.000 Kilometer sirkuit (Kms).

Dari 46.000 Km jaringan baru itu, PLN berencana menggandeng perusahaan atau pengusahaa lokal untuk memasok komponen pendukung pembuatan transmisi sepanjang 42.000 Km.

Kerjasama tersebut meliputi penyediaan bahan baku kabel, perakitan tiang-tiang transmisi hingga pembangunan jaringan.

“Jaringan transmisi, sedang bangun 42.000 Km. Bisa didukung oleh PT Krakatau Steel (KS) dan perusahaan dalam negeri lain,” kata Direktur Utama PLN Sofyan Basir usai pertemuan menyambut 17 Agustus di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (3/8/2015).

Kerjasama dengan pihak lokal ini menandai bahwa program pemerintah mulai mengandalkan produk dalam negeri.

“Hampir 100% akan diberikan perusahaan dalam negeri, mumpung harga besi lagi murah, jadi kita kerjasama KS dan perusahaan di Indonesia, swasta lokal,” tukasnya.

Sebelumnya, PLN memerlukan dana sekitar Rp 200 triliun dalam 5 tahun ke depan untuk membangun jaringan transmisi listrik, yang menghubungkan pembangkit-pembangkit listrik 35.000 MW. Panjang jaringan yang akan dibangun mencapai 46.000 Kms.

 

Sumber : Detik.com