Equityworld futures-PT PLN (Persero) hari ini menandatangani 18 Power Purchase Agreement (PPA) alias kontrak jual beli listrik dari energi terbarukan dengan total kapasitas 115,6 MW. Semuanya pembangkit itu akan dipakai untuk memenuhi kebutuhan listrik di Pulau Sumatera.

Penandatanganan kontrak disaksikan oleh Direktur Bisnis Regional Sumatera PLN, Amir Rosidin, dan Bupati Simeulue, Riswan NS. Kontrak diteken oleh pihak Independent Power Producer (IPP) dengan General Manager (GM) PLN di masing-masing wilayah pembangkit.

“Kita sangat membutuhkan energi ini untuk mendukung sistem kelistrikan di Sumatera. Beban puncak Sumatera sekarang sekitar 5.250 MW, itu sangat besar. Kita lihat tadi sudah diteken 115 MW, 2% dari beban puncak kami,” kata Amir usai penandatanganan di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Senin (30/5/2016).

Amir berpesan agar pembangunan pembangkit-pembangkit dari energi terbarukan ini benar-benar berjalan, jangan sampai mandek setelah PPA diteken.

“Jangan sampai berhenti di tanda tangan saja. Masing-masing GM monitor PPA, laporkan berkala 3 bulanan ke saya. Kalau GM belum bisa selesaikan, informasikan ke saya. Saya ingin ini betul-betul jalan, jangan seremoni saja,” tandasnya.

Berikut rincian lokasi-lokasi pembangkit energi terbarukan yang diteken hari ini:

Aceh:
PLTMN 5 MW di Pulau Semeulue – PT Tawon Energi Nabati

Sumatera Utara:
PLTMH 10 MW di Desa Siunong-Unong, Sumatera Utara – PT Bakara Energi Lestari
PLTBg 1 MW di Desa Sidomulyo, Sumut – PT Siringo-ringo

Riau:
PLTBm 15 MW di Pangkalan Kerinci, Riau – PT Riau Prima Energi
PLTBg 1 MW di Pasir, Riau – PT Permata Hijau Sawit

Sumatera Barat:
PLTMH 13,4 MW di Desa Pelangai Gadang, Sumatera Barat – PT Dempo Sumber Energi
PLTMH 21,2 di Kota Agung Lahat, Banding Agung-OKU Selatan, Muara Kisan-OKU Selatan, Padang Guci Hulu-Seluma, Kepahiang, Rejang Lebong, dan Bengkulu Utara – PT Green Lahat, PT Nusantara Indah Energindo, PT Midigio, PT Sahung Brantas Energy, PT Malaka Guna Energi, PT Tropisindo Sumber Energi, dan PT Klaai Dendan Lestari

Bangka Belitung:
PLTBm dan PLTBg 14 MW di Desa Cengkong Abang, Desa Mempaya Bangka, dan Desa Tempilang Belitung – PT Bangka Biogas Sinergy, Belitung Energy, dan Listrindo Kencana

Lampung:

PLTMH 7 MW di Desa Kemu, Lampung – PT Uway Energy Perdana.

PLTBm 3 MW di Desa Gunung Batin Lampung Tengah – PT Gunung Madu Plantations.

 

 

Sumber: Detik.com