pound gain terhadap euroMata uang pound menguat untuk hari kedua terhadap euro jelang rilis risalah pertemuan Komite Kebijakan Moneter Bank of England (BoE) bulan ini.

Mata uang pound stagnan terhadap dolar karena Skotlandia sedang mempersiapkan refrendum besok apakah akan meninggalkan UK. Risalah pertemuan MPC pada bulan Agustus kemarin menunjukkan bahwa anggota Martin Weale dan Ian McCafferty akan meningkatkan biaya pinjaman, menandai suku bunga naik dari tiga tahun terakhir dan juga yang pertama di bawah Gubernur Mark Carney. BOE meninggalkan Bank Rate ke level terendahnya sebesar 0,5 persen bulan ini, level tersebut tidak berubah sejak Maret 2009 lalu.

Mata uang pound naik sebesar 0,1 persen ke level 79,53 pence per euro pukul 7:03 pagi waktu London. Pound dihargai sebesar 0,1 persen terhadap mata uang euro kemarin. Pound berada di level $ 1,6278, pasca naik sebesar 0,3 persen ke level $ 1,6277 kemarin.

Sementara itu pound menguat sebesar 0,4 persen pada bulan lalu, menurut Bloomberg Correlation-Weighted Indexes. Euro turun sebesar 0,7 persen, sementara dolar naik sebesar 3,2 persen. (vck)

Sumber: Bloomberg