pound turun terkait ref skotlandia

Pound melemah terhadap dolar jelang laporan yang ekonom katakan akan menunjukkan pelambatan inflasi ke setidaknya dalam lima tahun terakhir pada bulan lalu, menambah tekanan pada Bank of England (BOE) untuk mempertahankan suku bunga di level terendah.

Pertumbuhan consumer-price di Inggris melambat menjadi 1,4% dalam 12 bulan hingga bulan September yang lalu dari 1,5% pada bulan Agustus, menurut perkiraan rata-rata ekonom yang disurvei oleh Bloomberg. Hal tersebut akan menandai bulan kesembilan di bawah target BOE sebesar 2%. Data dari British Retail Consortium dan KPMG LLP hari ini menunjukkan penjualan ritel tak terduga turun pada bulan lalu dari tahun sebelumnya. obligasi pemerintah Inggris dengan tenor 10-tahun menghentikan kenaikan enam hari, setelah yield kemarin turun ke level terendah sejak Juni 2013.

Sterling turun 0,3% ke level $ 1,6043 pada pukul 08:56 pagi waktu London. Pound menguat 0,2% ke level 79,14 pence per euro setelah terdepresiasi ke 79,34 pence, level terlemah pound sejak 17 September yang lalu.

Gubernur BOE Mark Carney mengatakan dalam sebuah wawancara dengan CNBC kemarin bahwa permintaan global yang lemah menghasilkan latar belakang inflasi yang jinak. Kontrak berjangka berdasarkan sterling rata-rata overnight antar bank menunjukkan bahwa investor telah mendorong kembali spekulasi kenaikan 25 basis poin dalam biaya pinjaman hingga bulan Agustus.

Sumber : Bloomberg