pound turun terkait ref skotlandiaPound tergelincir ke level terendahnya sejak November lalu dan indeks saham berjangka Inggris turun pasca jajak pendapat menunjukkan suara mayoritas mendukung kemerdekaan Skotlandia. Sementara obligasi dengan gandum naik sementara saham Asia berfluktuasi terkait impor China tiba-tiba jatuh.

 

Mata uang Inggris melemah sebesar 0,8 persen ke level $ 1,6204 pukul 2:28 siang waktu Tokyo, memperpanjang penurunan pekan lalu sebesar 1,6 persen, sementara kontrak pada Indeks FTSE 100 tergelincir sebesar 0,2 persen. Indeks MSCI Asia Pacific berfluktuasi seiring Indeks Hang Seng merosot sebesar 0,3 persen. Obligasi tenor 10 tahun turun dua basis poin dan Indeks Standard & Poor 500 berjangka turun sebesar 0,1 persen setelah indeks acuan AS ditutup pada level terendahnya sejak 5 September kemarin. Gandum dan kedelai naik pada hari kedua.

 

Persentase pemilih yang mendukung Skotlandia untuk memisahkan diri dari Inggris naik menjadi 51 persen kurang dari 2 pekan sebelum referendum, menurut jajak pendapat YouGov Plc pada Sunday Times. Impor China turun sebesar 2,4 persen pada Agustus lalu, menurun sebesar 3 persen yang diperkirakan oleh para ekonom dan membantu untuk mengirim surplus perdagangan mencapai level $ 49.8 miliar. Sebuah laporan payrolls AS tak terduga melemah terhadap spekulasi Federal Reserve yang akan memajukan kenaikan tingkat suku bunga. (knc)

 

Sumber : Bloomberg