emas rusia melampui amerikaRusia telah menghasilkan emas lebih banyak dari Amerika Serikat untuk pertama kalinya dalam 25 tahun terakhir. Negara itu kini menjadi produsen terbesar ketiga di dunia setelah China dan Australia, mengutip pernyataan dari Menteri Sumber Daya Alam dan Lingkungan Rusia, Sergey Donskoy.

Dalam lima tahun terakhir telah ditemukan sebanyak 270 deposit mineral di Rusia, meskipun hal itu belum menjadikannya negara terbesar dalam hal investasi eksplorasi mineral.

“Menurut kami, ini memiliki konsekuensi negatif, termasuk dampak negatif pada pembangunan sosial dan ekonomi daerah,” laporan dari Vestifinance.ru mengutip Donskoy.

Pada tahun 2013 Rusia meningkatkan produksi emasnya sebesar 12,6 persen sehingga bisa mencapai 254.241 ton menurut serikat produsen emas Rusia. China, produsen utama emas dunia, meningkatkan produksi emas sebesar 6,2 persen menjadi 428,16 ton per tahun.

Namun pada tahun 2013 harga emas anjlok sebesar 28 persen dan hanya sedikit melakukan pemulihan tahun ini dari $ 1217 sampai ke $ 1328 per troy ounce.

Tidak seperti negara-negara lain di mana pajak produksi minyak dan gas didasarkan pada pendapatan, undang-undang Rusia juga termasuk biaya eksplorasi geologinya.

Pengurangan biaya eksplorasi dari pajak produksi akan memberikan kontribusi pada pengembangan produksi emas Rusia, kata menteri energy tersebut, menjelaskan bahwa Amerika telah memiliki undang-undang yang sama untuk industri batubara. (brc)

Sumber: rt.com