apple beli beatsLangkah Apple untuk mengakuisisi Beats Electronics, produsen pembuat headphone merek Beats, diprediksi akan membutuhkan waktu yang lebih lama. Sebab, menurut pengamat, masih ada beberapa faktor yang bisa menjadi penghambat.

Apple sebelumnya diberitakan akan mengakuisisi Beats dengan nilai 3,2 miliar dollar AS (hampir Rp 37 triliun). Namun, negosiasi yang baru di tahap awal tersebut diprediksi akan membutuhkan waktu yang lebih lama lagi.

Situs Billboard pada Jumat (23/5/2014) mengabarkan bahwa kendala utama yang bakal menjadi penghambat adalah nilai 3,2 miliar dollar yang ditawarkan Apple. Selain akan menjadi nilai akuisisi terbesar sepanjang sejarah Apple.

Akuisisi tersebut juga menjadi yang pertama bagi Apple di bawah kepemimpinan Tim Cook. Kabar akuisisi ini juga terlalu cepat beredar, sehingga menimbulkan banyak spekulasi.

Billboard juga mencatat bahwa layanan musik streaming Beats Music adalah unit bisnis yang berbeda yang dimiliki Beats Electronics. Jika Apple ingin memberikan layanan akses musik tak terbatas, maka persetujuan harga akan menjadi diskusi yang alot.

Pengamat musik juga meragukan kapasitas dua pendiri Beats, Dr. Dre dan Jimmy Iovine sebagai eksekutif di Apple, terlebih saat melihat perayaan Dr. Dre di jejaring sosial atas kabar berita akuisisi yang belum resmi diumumkan tersebut.

Sebelumnya, pabrikan smartphone Taiwan, HTC sempat membeli saham Beats sejumlah 50,1 persen senilai 300 juta dollar AS. HTC kemudian mengintegrasikan teknologi audio tersebut ke dalam perangkat-perangkat smartphone-nya.

Namun, kerja sama tersebut gagal membuahkan nilai tambah berarti hingga pada September 2013 lalu HTC menjual kembali seluruh saham Beats yang dimilikinya.

Sumber : Kompas.com