Surabaya

‎Indonesia kini memiliki kapal ternak yang dibuat oleh galangan kapal di Bangkalan, Madura, yaitu PT Adiluhung Saranasegara Indonesia. Kapal ternak ‘Made in Bangkalan‘ ini dinamai KM Camara Nusantara 1.

Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan mengungkapkan, kapal ternak ini bisa menekan biaya pengangkutan sapi dari sentranya di Nusa Tenggara Timur ke Jakarta hingga 40%. Biaya angkutnya kira-kira Rp 300.000 per ekor sapi.

“Penghematannya sekurangnya 30-40%. Kira-kira nanti 1 sapi Rp 300.000 biaya pengangkutannya,” kata Jonan kepada detikFinance di Surabaya, Selasa (10/11/2015).

KM Camara Nusantara 1 akan ditempatkan di ‎Pelabuhan Tenau, Kupang sebagai pangkalan dengan kode trayek RT-1 untuk melayani rute Kupang-Bima-Tanjung Perak-Tanjung Emas-Cirebon-Tanjung Emas-Tanjung Perak-Bima-Kupang.

Kapal ternak tidak hanya akan dibuat untuk pengangkutan sapi dari NTT, tapi juga dari sentra-sentra sapi lainnya. Rute lain akan ditentukan oleh Menteri Pertanian Amran Sulaiman.‎

“Nantinya tergantung Mentan, dia yang menentukan maunya dimana lagi (perlu kapal ternak),” ucap Jonan.

Tahun 2016, Kementerian Perhubungan akan membuat lagi 5 unit kapal ternak berkapasitas 500 ekor sapi dengan harga Rp 58 miliar per kapal.‎

“Harganya Rp 58 miliar dari APBN. Tahun depan kita mengadakan 5 kapal ternak,” tutupnya.

 

Sumber: Detik.com