Jakarta – Selama ini iOS dinilai beroperasi lebih mulus ketimbang Android. Android Kini Lebih Stabil Ketimbang iOS

 

Tapi pada perkembangannya posisi tersebut berubah, kini Android lebih stabil ketimbang iOS.

Perusahaan data keamanan global, Blanco Technologyy Group, merilis laporan mengenai performa dan kesehatan perangkat mobile.

Laporan tersebut memberikan informasi tentang kegagalan perangkat dikarenakan sistem operasi, aplikasi dan masalah umum lainnya.

Selama kuartal kedua, tingkat kegagalan iOS mencapai 58%. Angka tersebut meningkat dua kali lipat dibanding Q1 2016.

iPhone 6 menjadi salah satu penyebab kenaikan tersebut. Ponsel ini memiliki tingkat kegagalan 29%. Lalu diikuti iPhone 6S dengan tingkat kegagalan 23%.

Sementara Android mengalami penurunan dari 44% menjadi 35%. Samsung, LeTV, Lenovo dan Motorola merupakan merek dengan tingkat kegagalan tertinggi.

Samsung berada di posisi pertama dengan failure rate 26%. LeTV dan Lenovo di posisi dua. Sementara Motorola menduduki peringkat ketiga dengan tingkat kegagalan 11%.

 

Berdasarkan laporan ini, 65% masalah di OS dikarenakan faktor aplikasi. Lalu 11% disebabkan oleh WiFi, 4% headset dan 4% koneksi mobile.

Sementara di Android yang jadi masalah utama adalah kamera dan isi ulang baterai. Masing-masing sebesar 10%. Selain itu, ada masalah touchscreen sebesar 7% dan aksesori 5%.

Bila berdasarkan aplikasi, 50% aplikasi mengalami masalah saat dijalankan iOS, sedangkan Android hanya 23%. Snapchat tercatat yang paling bermasalah dengan failure rate 17%, diikuti Instagram 9%.

Di Android, layanan Google yang paling sering mengalami masalah. Tapi tingkat masalah memiliki prosentase yang relatif sama, yakni 5%, demikian seperti detikINET kutip Phonearena, Senin (29/8/2016).

 

Sumber: detik.com