Equityworld Futures – Siti Khotijah (35) menolak ajakan mediasi dari Pemerintah Desa Sudimoro maupun Kecamatan Megaluh untuk menuntaskan pertikaiannya dengan Seger (61) secara damai.

Ibu satu anak mengisahkan, hari ini sekitar pukul 10.00 WIB, petugas Kecamatan Megaluh dan Desa Sudimoro datang ke rumahnya di Dusun/Desa Sudimoro. Ia mengaku diundang ke kantor desa atau kecamatan.

Ternyata Pemerintah Desa Sudimoro maupun Kecamatan Megaluh berniat memediasi Khotijah dengan Seger agar pertikaian antara dua keluarga itu segera tuntas. Namun istri Abdul Karim (40) ini menolak ajakan mediasi tersebut dengan tegas.

“Saya menolak karena ini kan sudah saya masukkan ke jalur hukum. Saya tak mau dimediasi dimanapun. Saya mau kalau diizinkan dan didampingi pengacara saya, tapi kemarin sudah dibilangi pengacara saya supaya tak usah datang,” kata Khotijah saat dihubungi detikcom, Jumat (28/9/2018).

Selain itu, Khotijah mengaku kecewa dengan Pemerintah Desa Sudimoro karena mengabaikan permintaannya untuk menuntaskan sengketanya dengan Seger secara damai sejak pertama masalah ini mencuat.

“Sejak pertama saya sudah mau damai, tapi pihak desa tak bisa menyelesaikan. Saya kecewa dengan perangkat desa. Pengacara saya juga sudah ke Pak Kades untuk izin menempuh jalur hukum dan diizinkan,” ungkapnya.

Kendati begitu, Khotijah enggan disalahkan terkait keputusan untuk menolak upaya mediasi ini.

“Pegawai kecamatan tadi sudah membujuk saya supaya mau datang. Kenapa waktu saya butuh bantuan, Kades tak laporan ke Pak Camat? Kenapa semuanya diam? Ini kan kesalahannya Pak Kades, jangan salahkan saya,” terangnya.

Khotijah lebih memilih menunggu putusan gugatan yang diajukannya ke PN Jombang. Dalam gugatan yang dilayangkan Khotijah sejak tanggal 9 Juli 2018 lalu itu ia meminta tanah miliknya yang dikuasai Seger, dikembalikan.

“Saya tetap menunggu selesainya sidang saja. Biar untuk sementara saya numpang jalan di rumah kakak saya,” tandasnya.

Rumah Khotijah diblokade tetangganya, Seger sejak Februari 2018. Seger membangun pagar setinggi 2 meter di depan rumah Khotijah. Tak pelak akses keluar-masuk rumah ini menjadi terbatas.

Hanya tersisa celah kurang dari 0,5 meter antara pagar yang dibangun Seger dengan tembok rumah kakak Khotijah, Siti Utami (42). Sebagai alternatif jalan, Khotijah menjebol tembok belakang rumah kakaknya.

Equityworld Futures

Equityworld