6april15aSaham China catat kenaikan untuk pekan keempat, yang dipimpin oleh saham broker dan produsen komoditas, karena dana terus mengalir ke dalam pasar saham di tengah optimisme pemerintah yang akan berbuat lebih banyak untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Saham Guoyuan Securities Co menguat 6,3 %. Hebei Iron & Steel Co catat kenaikan 10 %. Sementara China Vanke Co mengalami penurunan 1 % setelah labanya turun sebesar 61 % pada kuartal pertama dari tahun sebelumnya.

Indeks Shanghai Composite bergerak naik 1 % ke level 3,863.93 pada penutupan hari ini, merupakan level tertinggi sejak Maret 2008 lalu dan memangkas kenaikan mingguan sebesar 4,7 %. Indeks tersebut menguat 89 % selama 12 bulan terakhir, sedangkan saldo hutang marjin di Bursa Efek Shanghai telah naik hampir empat kali lipat melampaui 1 triliun yuan ($ 161 milyar), terkait spekulasi stimulus yang lebih lanjut.

Pasar saham China akan ditutup pada tanggal 6 April untuk libur. Sementara pasar saham Hong Kong ditutup hingga 8 April. (vck)

Sumber: Bloomberg