14Saham Eropa melemah pasca Mario Draghi mengatakan Bank Sentral Eropa akan mengukur kebutuhan stimulus lebih lanjut pada awal tahun depan, meredakan spekulasi pemberi pinjaman yang akan segera membeli obligasi pemerintah.

Indeks Stoxx Europe 600 turun 1,3 % ke level 344,84 pada penutupan perdagangan di London. ECB juga menurunkan perkiraan untuk inflasi zona euro dan produk domestik bruto (PDB) sampai tahun 2016 mendatang. Indeks Saham naik sebesar 0,5 %, sebelumnya melemah sebesar 1,4 %.

Indeks Stoxx 600 melonjak sebesar 13 % dari level terendahnya pada bulan Oktober lalu sampai kemarin di tengah optimisme ECB pada akhirnya akan memulai pembelian obligasi pemerintah, sementara bank sentral di China dan Jepang mendorong stimulus. Sejak bulan Juni lalu, bank sentral telah memangkas tingkat suku bunga sebanyak dua kali, menawarkan pinjaman murah untuk bank guna memacu pinjaman dan memulai program pembelian obligasi tertutup dan efek beragun aset.

ECB dan Bank of England (BOE) mempertahankan tingkat suku bunga tidak berubah, menurut perkiraan para ekonom yang disurvei oleh Bloomberg. (knc)

Sumber : Bloomberg