web 2 31 decSaham Eropa turun, menuju penurunan pertama pada bulan Desember sejak 2008 lalu, diikuti saham energi melemah.

Indeks Stoxx Europe 600 turun 0,9 % ke level 341,02 pada penutupan perdagangan. Saham perusahaan minyak dan gas merosot 1,8 %, posting penurunan terbesarnya di antara 19 kelompok industri seiring harga minyak diperdagangkan mendekati level 5 tahun terendah. Indeks Eropa mengalami perluasan penurunan sebesar 1,8 % selama bulan ini, diikuti indeks ekuitas Yunani merosot akibat kekhawatiran dari dampak pemilihan parlemen dini.

Indeks Stoxx 600 telah memangkas kenaikan tahunan menjadi 3,9 %. Indeks ASE Yunani anjlok 15 % selama bulan ini terkait Perdana Menteri Antonis Samaras gagal untuk ketiga kalinya mendapatkan suara menjadi calon presiden, mendorong dia untuk merekomendasikan sekejap pemilihan parlemen. Dia bertemu dengan Presiden Karolos Papoulias di Athena hari ini untuk meminta pemilu pada 25 Januari mendatang. Partai oposisi Syriza memimpin jajak pendapat karena mendorong untuk mengabaikan langkah-langkah penghematan terkait dengan bailout Yunani. (knc)

Sumber : Bloomberg