januariSaham Eropa melanjutkan rekor sepanjang masanya dengan membukukan gain mingguan tertajamr sejak Januari lalu.

Indeks Stoxx Europe 600 naik 0,9% menjadi 412,93 pada sesi penutupan perdagangan di London. Naik sebesar 3,8% dalam sepekan. Reli pada Nokia Oyj dan Shire Plc memimpin kenaikan pada saham teknologi dan kesehatan pada hari Jumat ini.

Indeks acuan melampaui rekor yang di capai pada tahun 2000 pada hari Kamis lalu karena data menunjukkan produksi industri Jerman melampaui yang perkiraan, sehingga memicu optimisme ekonomi di zona euro yang membaik. Yang membawal reli tahunan menjadi 21% karena pelemahan euro diikuti ECB memulai program pelonggaran kuantitatifnya. Langkah yang sama Federal Reserve yang membantu saham AS menguat lebih dari tiga kali lipat dari level terendah di tahun 2009 lalu, termasuk reli sebesar 30% pada tahun 2013.

Empat belas dari 17 pasar saham yang dibuka di Eropa barat mencatat kenaikan pada hari Jumat. Indeks acuan di Norwegia dan Jerman membukukan gain terbesar, naik lebih dari 1,7%. Indeks Portugal PSI 20 turun 0,3%. Pasar saham di Yunani ditutup untuk liburan.

Saham Teknologi dan kesehatan naik ke level tertinggi dalam Stoxx 600. Nokia melonjak 5,6%. Shire reli sebesar 4,8% setelah regulator AS memberikan izin untuk eksperimen obat mata Lifitegrast.

Sumber: Bloomberg