amdKOMPAS.com – Selama hampir satu dekade, perusahaan semikonduktor AMD berjuang untuk memulihkan kondisi keuangannya. Barangkali, kini AMD sampai pada titik lengah dan butuh uluran tangan perusahaan lain.

Dilansir KompasTekno, Kamis (26/3/2015) dari Sammobile, pabrikan asal California tersebut dikabarkan bakal segera diakuisisi Samsung. Hal ini menjadi masuk akal mengingat Samsung juga tengah mengembangkan usaha semikonduktor sejak tahun lalu.

Jadi, jika kedua perusahaan bersatu, bisa jadi kekuatan yang dihimpun lebih mumpuni untuk melawan raksasa prosesor Intel. Pun dapat menyamai langkah dengan perusahaan prosesor mobile, seperti Qualcomm.

Sebenarnya, ini bukan kali pertama Samsung menunjukkan gelagat mengakuisisi AMD. “Penting untuk mempertimbangkan akuisisi terhadap AMD untuk menjamin pengembangan teknis yang baru,” kata perwakilan Samsung pada 2007 silam.

Menurut selentingan kabar, Samsung ingin merajai kekayaan intelektual CPU dan GPU dari AMD. Dengan begitu, prosesor buatan Samsung yang digodok di komplek Godeok Industrial, Korea Selatan, bakal lebih matang.

Untuk AMD, minat Samsung pun bisa dibilang berkah. Pasalnya, kas berlimpah Samsung bisa dimanfaatkan AMD untuk membiayai penelitian dan pengembangan perusahaan tersebut. Jadi, AMD bisa menggenjot inovasi teknologi prosesornya.

Bagaimanapun, kabar burung tersebut belum disertai konfirmasi resmi dari kedua pihak. Yang jelas, sinyal-sinyal yang diperoleh datang dari sumber-sumber terpercaya perwakilan masing-masing perusahaan.