emas shanghai internasional kuartal ke empatChina, pengguna emas terbesar di dunia saat ini, akan memulai perdagangan emas internasional di zona perdagangan bebas Shanghai pada kuartal terakhir tahun ini, menurut seorang pejabat pemerintah kota.

“Kami akan memulai perdagangan pada kuartal keempat,” Zheng Yang, kepala jasa keuangan kantor Shanghai, mengatakan hari ini dalam sebuah konferensi. Bank sentral Negara China pada pekan lalu telah menyetujui sebuah platform trading untuk dimasukkan dalam sistem perbankan zona itu.

China yang juga produsen emas terbesar di duniatengah berusaha untuk meningkatkan eksistensinya di pasar emas global pada saat industri ini berusaha membahas perubahan penetapan patokan harga di London  yang telah berlangsung berabad-abad yang biasanya digunakan untuk perdagangan dan penilaian terhadap logam. Negara ini menyusul India sebagai pengguna terbesar tahun lalu saat penurunan terbesar pada harga dalam lebih dari tiga dekade memacu aksi beli, World Gold Council mengatakan pada bulan Februari lalu.

“Platform baru ini adalah untuk menarik investor asing dan agar China mendapatkan pengaruh yang lebih besar di pasar bullion global,” kata Liu Xu, seorang analis dari Capital Futures Co di Beijing.

Investor yang memenuhi syarat dapat membuka rekening dengan empat bank yang ditunjuk termasuk Industrial & Commercial Bank of China Ltd untuk perdagangan emas di daerah tersebut, Bank Sentral China (PBOC) yang kantor pusat di Shanghai mengatakan tanggal 18 Juni lalu.

Zona perdagangan bebas adalah ajang pengujian untuk liberalisasi suku bunga dan penggunaan mata uang yuan. Shanghai Gold Exchange, bursa fisik logam mulia terbesar negara itu sedang mempertimbangkan memungkinkan penggunaan yuan lepas pantai dalam perdagangan emas di zona itu, Bloomberg News melaporkan pada tanggal 4 Juni. (brc)

Sumber: Bloomberg