suku bunga indeks berjangka as melemahIndeks Berjangka AS melemah, setelah ekuitas rebound dari penurunan selama 2 hari terakhir, pelemahan tersebut akibat Presiden Federal Reserve Bank of St. Louis James Bullard menyatakan bahwa bank sentral diperkirakan akan menaikkan suku bunga lebih cepat dari yang diperkirakan investor sebelumnya.

Kontrak berjangka pada Indeks Standard & Poor 500 yang akan berakhir September mendatang melemah 0.7% ke level 1,954 pukul 10:44 pagi waktu London. Acuan ekuitas tersebut kemairn naik 0.5% akibat optimisme mengenai rilis laba perusahaan dan pertumbuhan pekerjaan yang membebani kekhawatiran The Fed bahwa para investor akan menghadapi resiko. Hari ini kontrak pada Dow Jones Industrial Average turun 116 poin atau 0.7% ke level 16,797.

Inflasi AS diperkirakan akan melampaui target The Fed dan mendorong kenaikan suku bunga AS, kemarin Bullard menyatakan saat wawancara di telephone dari St. Louis. Dia memperkirakan bahwa suku bunga akan berada pada angka 2.4% diakhir tahun 2015, diatas target bank sentral sebesar 2%.

Tingkat pengangguran AS Juni lalu turun 6.1%, level terendah dalam hampir 6 tahun terakhir, memberikan tekaan kepada The Fed untuk menaikkan suku bunga utama lebih cepat dari yang diperkirakan sebelumnya, menurut Bullard. (bgs)

Sumber : Bloomberg