Equity World Futures – Sukmawati Soekarnoputri menemui Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Sukmawati mengaku bertemu Jokowi membahas soal rencana pembuatan film biografi Presiden RI 1 Sukarno.

“Soal untuk film Bung Karno, tapi maksud saya internasional. Beliau sangat mendukung sekali, apresiatif sekali,” kata Sukmawati saat ditemui wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (13/6/2016).

Sukmawati mengatakan, film tersebut kini sudah masuk tahapan renacana untuk diproduksi.

“Ini sudah rencana diproduksi. Jadi masih menunggu restu beliau. Kalau saya sih maunya karena sudah terlalu lama saya persiapkan, maunya sih sooner, better. Tapi semua itu kan dari finance-nya,” kata adik Megawati Soekarnoputri ini.

Sukmawati ingin film ini bisa berkualitas dan bisa masuk festival kelas internasional. Dia ingin film ini menceritakan tentang jalan hidup Ir Sukarno dari lahir sampai wafat.

“Ini marketingnya maunya sih internasional dan masuk ke Academy Awards, kompetisi kualitas. Saya persiapkannya dari lahir sampai wafat. Tapi bagaimana pandangan sutradara dan mempertimbangkan durasi nantinya,” jelas Sukmawati.

Sukmawati mengaku, Presiden Jokowi merespons positif niatnya ini. “Mendukung, harus diadakan film bapak bangsa secara mendunia karena sumbangsih beliau kepada dunia tidak sedikit,” kata Sukmawati menyampaikan tanggapan dari Jokowi.

Sukmawati juga mengatakan akan melibatkan pihak luar negeri untuk memproduksi film ini. “Kerja sama agak lebih antusias itu RRT, secara kualitas RRT setara dengan Amerika dalam film maker,” katanya.

Lalu, kapan rencana film ini akan ditayangkan?

“Nanti dulu deh. Minta restu Presiden dulu,” kata Sukmawati.

Sumber : detik.com