neraca eropa naik tipisSurplus neraca pembayaran Zona Eropa Juli lalu naik tipis, memberikan sinyal adanya penguatan pada mata uang euor, hal terebut menuurt rilis data dari ECB (European Central Bank) Jumat ini.

Neraca transaksi berjalan, sebuah ukuran dari posisi ekonomi keuanagan internasional, berada pada surplus sebesar 18.7 miliar euro ($24.1 miliar) pada Juli lalu, diatas rekor Juni lalu sebesar EUR18.6 miliar. Angka bulan Juni lalu direvisi dari surplus sebesar EUR13.1 miliar.

Surplus pada sektor barang-barang Juli lalu turun sebesar EUR10.7 miliar dari EUR16.0 miliar, sementara surplus pada sektor jasa naik EUR12.8 miliar dari EUR8.6 miliar.

Pada periode 12 bulan terakhir yang berakhir Juli lalu, surplus sebesar 2.5% dari GDP (gross domestic product) zona Eropa, lebih tinggi dari 2.1% pada 12 bulan terakhir hingga Juli 2013 silam.

Data mengikuti laporan awal pekan ini dari badan statistik Uni Eropa yang menunjukkan bahwa surplus neraca perdagangan zona Eropa dengan negara-negara lainnya mencatat kenaikan pada bulan Juli lalu, hal itu juga menunjukkan adanya penurunan bulanan pada sisi ekspor.

Penurunan yang berlanjut pada ekspor menjadi berita buruk bagi zona Eropa, karena Zona Eropa bergantung pada neraca perdagangan zona Eropa guna menghindari kontraksi. Sedangkan maisih banyak negara-negara yang masih menderita dari tingkat pengangguran yang tinggi, sementara perusahaan-perusahaan di Zona Eropa harus bisa melihat dari sekedar penguatan mata uang euro dengan mengekspor barang-barang mereka. (bgs)

Sumber : MarketWatch