Equityworld futures-Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengajak Wali Kota Jakarta Timur Bambang Musyawardana dan Wali Kota Jakarta Selatan Tri Kurniadi saat menyusuri Kali Ciliwung. Ada yang ingin dilihatkan Ahok ke anak buahnya itu.

Ahok sengaja mengajak anak buahnya itu untuk melihat langsung bagaimana kondisi Kali Ciliwung saat ini. Salah satu yang dia resahkan adalah adanya perusahaan yang berbuat curang dengan membuang limbah pabrik sembarangan ke aliran Ciliwung.

“Ini saya sudah minta wali kota untuk melihat bersama, banyak industri membuang limbah pada saat banjir. Jadi limbah dia simpan dulu, begitu air dari Bogor datang, masuk ke got pabrik nya, kebawa ke luar. Itu bisa dirasakan darimana? Dari baunya termasuk dari dindingnya keluar. Makanya, saya minta wali kota ini dibereskan nih,” kata Ahok di kawasan Kampung Melayu, Jakarta Timur, Rabu (18/5/2016).

Ahok akan bertindak tegas. Jika terbukti melakukan pelanggaran fatal maka izin usahanya akan ditutup. “Kami tidak menutup izinnya karena sudah ada berpuluh tahun, kami mencocokan Amdalnya. Jadi Amdal enggak cocok, kami tutup. Malah yang perlu kami bahas soal sungai ini. Saya gini-gini sekolah geologi loh. Saya sering telusuri sungai, naik gunung, lembah  sungai, sudah sering saya lakukan,” katanya.

Selain melihat ulah culah perusahaan, Ahok juga ingin melihat langsung tepian Kali Ciliwung yang terbaru, terutama di beberapa titik yang telah diturap (sheet pile).

“Saya sengaja datang mau lihat. Berapa sih yang Anda sheet pile? Yang mana tidak perlu sheet pile? Kita temukan 19 kilometer itu hampir 9 kilometer tidak ada sheet pile. Kenapa tidak ada sheet pile? Karena ada batu alam cadas. Biasanya kan batu sedimen. Ini ada batu alam yang sangat kuat. Ini bukan pasir batu tapi udah menjadi batuan. Orang kampung bilangnya cadas,” jelas Ahok.

“Nah ini jelas ada batuan sedimen yang sangat baik sepanjang sungai ini. Tentu kalau di sheet pile saya protes, ini alami. Itu sudah saya lihat tidak di sheet pile. Makanya saya tanya, mana yang mau anda sheet pile mana yang tidak mau di sheet pile? Foto saya sudah punya sebenarnya. Tapi aktivis selalu memprotes saya men-sheet pile seluruhnya. Saya tanya, ini enggak mau saya sheet pile boleh enggak? Boleh,” tambah Ahok.

 

 

Sumber: Detik.com