swiss franc menguatTekanan meningkat terhadap Swiss franc. Dengan franc berada di level terkuatnya terhadap euro dalam hampir 21 bulan terakhir, Swiss National Bank (SNB) dapat melakukan intervensi untuk pertama kalinya dalam dua tahun untuk mempertahankan batas atas-nya di 1,20 versus mata uang bersama, menurut ekonom dari ING Bank NV hingga Julius Baer Grup Ltd.

 

Permintaan untuk franc meningkat setelah Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi meningkatkan retorikanya kebijakan bulan ini yang diperlukan untuk memerangi inflasi yang lemah, membuat ECB dekat dengan pelonggaran kuantitatif. Konflik antara Ukraina dan Rusia, serta di Timur Tengah, yang juga telah meningkatkan selera untuk mata uang Swiss, dimana investor mendukung selama masa krisis.

 

SNB mengatakan ada intervensi pada September 2012 untuk mempertahankan plafon. Presiden Thomas Jordan telah berulang kali mengatakan ia akan mengecualikan tidak adanya langkah-langkah dalam melindungi batas atas, dengan pengenalan suku bunga negatif yang “mungkin menjadi pilihan.”(frk)

 

Sumber : Bloomberg