Jakarta -Dato Sri Tahir, salah satu miliuner di Indonesia, hari ini meluncurkan buku otobiografi berjudul ‘Living Sacrifice’. Isi bukunya berkisah perjalanan hidupnya yang dulu miskin hingga bisa menjadi salah satu orang terkaya ke-12 di Indonesia versi Forbes.

“Saya ingin buku ini dibaca oleh banyak pembaca. Pesan di buku ini adalah manusia biasa berbekal dari kerja keras dan Rahmat Yang Maha Kuasa, tidak mustahil menggapai kesuksesan. Saya ingin menghilangkan sinisme dalam menghadapi masa depan,” ungkap Dato Sri Tahir dalam konferensi pers Peluncuran Buku Otobiografi ‘Living Sacrifice’ di Hotel Shangri La, Jakarta, Rabu (23/9/2015).

Acara peluncuran buku ini dihadiri banyak tokoh nasional, mulai dari Presiden ke-3 Indonesia BJ Habibie, Menteri Perindustrian Saleh Husin, mantan Menteri Perdagangan Rachmat Gobel, Presiden Direktur Adaro Energy Garibaldi Thohir, Tanri Abeng, Agum Gumelar, Moeldoko dan banyak lagi.

Tahir mengatakan, salah satu pesan dari bukunya ini berisi menjadi seorang yang kaya saja tidak cukup. Harus ada punya nilai kebaikan dan berguna bagi masyarakat di sekitarnya.

“Tidak sekadar jadi orang kaya. Manusia pun bisa jadi orang benar, tapi bukan karena langkah filantropi semata. George Soros jatuhkan Indonesia lalu ia bantu Indonesia US$ 1 miliar, tapi tidak lantas dia jadi orang benar. Saya ingin bahwa kita sebagai pengusaha, bisa membantu orang di sekeliling kita banyak yang masih jauh kekurangan,” tuturnya.

Tahir juga berpesan bagi para pengusaha di Indonesia, lebih baik berinvestasi di Indonesia daripada bisnis di luar negeri. Indonesia butuh lapangan kerja 2,9 juta orang per tahun.

Seperti diketahui, Tahir yang ayahnya memiliki usaha membuat becak sempat berhenti sekolah medis di Taiwan karena ayahnya sakit. Ia kemudian belajar berbisnis di Singapura, dan hingga punya Bank Mayapada.

Istrinya, Rosy merupakan putri taipan dari Mochtar Riady. Tahir menduduki peringkat ke-12 orang terkaya se-Indonesia. Harta kekayaan Tahir mencapai US$ 1,8 miliar atau Rp 17,1 triliun pada 2013 lalu.

 

Sumber: Detik.com