15mar15bda yang kurang dari presentasi CEO Apple, Tim Cook saat peluncuran Apple Watch, yaitu kapasitas penyimpanan internal milik peranti jam tangan pintar Apple itu.

Situs 9to5mac pada Selasa (10/3/2015) mengonfirmasi bahwa penyimpanan internal yang dimiliki Apple Watch adalah 8 GB. Namun tak semua bisa dipakai oleh pengguna. Apple ternyata membatasi jumlah memori yang bisa digunakan oleh penggunanya.

Dikutip KompasTekno, dari total kapasitas penyimpanan 8 GB tersebut, Apple mengalokasikan sebanyak 2 GB untuk file musik. Sementara untuk file foto, pengguna hanya diberi jatah 75 MB untuk aplikasi Photos.

Semua versi jam tangan Apple memiliki skema penyimpanan seperti di atas, baik itu Apple Watch versi Regular, Sport, maupun Edition.

Dengan memiliki penyimpanan internal yang independen, maka file-file foto dan musik yang tersimpan di dalamnya bisa diakses secara independen, tanpa membutuhkan perangkat iPhone.

Kapasitas 2 GB musik setara dengan sekitar 200 lagu dengan kualitas yang cukup. Jika kapasitas tersebut tidak cukup, pengguna masih bisa mendengarkan musik yang tersimpan dalam iPhone melalui koneksi Bluetooth.

Sementara untuk file foto yang ditangan oleh iCloud Photo Library, batas 75 MB yang ditetapkan Apple memang terasa sedikit. Apple berdalih pihaknya ingin pengguna hanya menyimpan foto favorit saja dalam Apple Watch.

Sistem juga akan memperkecil (resize) ukuran foto saat diimpor ke Apple Watch sehingga tidak memakan banyak memori dan dioptimalkan untuk layar Apple Watch yang kecil.

Dengan kapasitas 75 MB, maka jumlah foto rata-rata yang bsia disimpan adalah sekitar 100-an.

Lalu, untuk apa sisa kapasitas penyimpanan di luar 2 GB untuk musik dan 75 MB foto? Sisa kapasitas memori sebesar 6 GB tersebut oleh Apple dialokasikan untuk sistem operasi dan aplikasi-aplikasi internal yang diusung Apple Watch, termasuk system setting dan file-file cache tiap aplikasi.

Di masa mendatang, saat file SDK dirilis Apple, kapasitas penyimpanan yang tersisa itu juga akan dipakai untuk menyimpan file-file binari aplikasi dan semua yang diperlukan.

Untuk saat ini, file-file resource untuk aplikasi dalam Apple Watch hampir semuanya tersimpan dalam iPhone yang dipasangkan dengannya. File tersebut baru ditransmisikan secara terbatas ke jam tangan saat aplikasi dijalankan.

sumber:kompas