Equityworld futures-Gempuran perangkat gaming konsol tak hanya datang dari Microsoft, Sony, maupun Nintendo. Tencent dilaporkan turut terjun ke bisnis tersebut dengan merilis konsol yang diberi nama Tencent Games Platform (TGP) Box.

Peluncuran TGP Box ini dilakukan di ajang CES Asia 2016 yang berlangsung di Shanghai, China. Dalam penggarapannya, perusahaan internet raksasa China ini menggandeng beberapa nama besar, yakni Intel dan Haier.

TGP Box ditenagai prosesor Intel core generasi keenam serta berjalan menggunakan sistem operasi Windows 10 dan TGP Box mode. Mode tersebut memungkinkan pengguna untuk mengunduh dan streaming game.

Nantinya, gamer bisa memainkan beberapa judul game ternama, seperti League of Legends, FIFA Online 3, NBA 2K Online, Monster Hunter Online, dan Need for Speed: Hot Pursuit Tournament. Tencent berharap bisa menghadirkan lebih banyak lagi game dari developer pihak ketiga di tahun 2016.

“Pada dasarnya itu merupakan perangkat konsol game yang ditenagai oleh Windows 10 tapi dengan fitur pintar yang dirancang untuk melampaui gaming tradisional,” ujar analis industri video game ZhugeEX dikutip detikINET dari Gamespot, Senin (16/5/2016).

Masih belum jelas apakah TGP Box ini hanya akan dirilis di negaranya sendiri atau akan mampir ke pasar-pasar negara lain atau tidak. Namun melihat reputasi Tencent yang besar dan melihat pasar gaming China yang belum terjamah, sepertinya Tencent akan fokus menggarap pasar Chine terlebih dahulu.

 

 

Sumber: Detik.com