urban qurbanMenjelang Hari Raya Idul Adha, UrbanQurban kembali menggalakkan kampanyenya. Andreas Senjaya, Chief Technology Officer UrbanQurban, kepada KompasTekno, Rabu (24/9/2014), menyampaikan beberapa inovasi pada web UrbanQurban.

Salah satu fitur yang menarik bernama Sedekah Daging, fitur ini berupa crowdfunding (pembiayaan bersama) untuk pembelian hewan ternak yang tidak terikat pada momen Idul Adha.

Dalam fitur ini siapapun bisa mendaftar untuk ikut membayar salah satu hewan ternak yang ada untuk disalurkan ke masyarakat ekonomi lemah.

Di sebuah laman khusus, foto hewan-hewan itu dipajang beserta jumlah dana yang terkumpul. Mirip dengan yang biasa dilakukan oleh situs crowdfunding seperti Kickstarter atau KitaBisa.

Sedangkan untuk yang terkait dengan Idul Adha, selain penjualan domba UrbanQurban juga menyediakan paket patungan sapi.

Hewan ternak yang disembelih melalui UrbanQurban akan disalurkan ke berbagai komunitas sosial. Pengguna internet pun bisa mendaftarkan komunitas sosial mereka lewat situs itu.

UrbanQurban dimulai sejak Oktober 2012 lewat kolaborasi dua startup kreatif di Depok, Diyours HCD dan Badr Interactive. Pada 2012 layanan itu menyalurkan 93 hewan qurban. Jumlahnya meningkat menjadi 193 hewan pada 2013.

Sumber : Kompas.com