web 2 09 janPembagian prospek ekonomi antara AS dan Eropa memacu ayunan terbesar bagi harga emas dalam setahun terakhir karena investor menilai prospek suku bunga AS yang lebih tinggi terhadap prospek stimulus global.

Pencatatan volatilitas logam dalam 60 hari mendekati level 18,8, merupakan level tertinggi sejak Januari 2014 lalu. Kontrak berjangka berayun antara keuntungan kerugian hari ini karena perlambatan dalam pesanan pabrik Jerman mendorong penurunan untuk euro, sementara sedikit warga AS mengajukan tunjangan pengangguran pekan lalu.

Bullion tahun 2014 lalu mencatatkan penurunan tahunan secara berturut-turut untuk pertama kalinya sejak tahun 1998 silam karena keuntungan dalam perekonomian AS mengisyaratkan prospek suku bunga yang lebih tinggi, sehingga memangkas permintaan untuk logam sebagai aset penyimpanan nilai. Harga bullion telah naik lebih dari 7 % sejak penurunan ke level terendah dalam empat tahun terakhir pada bulan November lalu di tengah gejolak politik di Yunani dan harapan untuk meningkatkan stimulus ekonomi di Eropa dan China.

Emas berjangka untuk pengiriman Februari naik 0,2 % ke level $ 1.213 per ounce pukul 11:26 pagi di Comex New York, setelah turun sebesar 0,5 %. Tahun lalu, emas turun 1,5 %.

Sumber: Bloomberg