Equity World Futures – Seorang wanita melahirkan bayi perempuan di dalam kereta. Proses persalinan pun dilakukan di dalam KA Matarmaja yang menuju ke Malang.

Hal itu disampaikan oleh pembaca detikcom bernama Indra Kurnia Ramadhan yang juga berada di dalam kereta yang sama. Saat itu dia tengah berada di gerbong restorasi.

“Saya tadi kebetulan lagi makan di ruang restorasi. Terus datang ibu yang mau melahirkan. Ia dibawa ke ruang restorasi,” ujar Indra ketika dihubungi detikcom, Senin (23/5/2016).

Setelah itu Indra tidak terlalu mengetahui secara detail proses persalinan yang berlangsung. Seingat Indra, proses persalinan itu berjalan cepat dan lancar.

“Kejadiannya tadi sekitar pukul 19.00 WIB. Sekitar 25 menit kemudian bayinya sudah lahir. Saya tidak ngikutin proses persalinannya, karena tadi langsung dijaga oleh bagian keamanan,” kata Indra.

“Saya cuma ngeliat waktunya bayinya dibersihin. Keliatannya cuma sedikit darahnya, jadi kemungkinan proses melahirkannya normal ya,” imbuhnya.

Proses persalinan itu dibantu oleh beberapa penumpang dan beberapa kru kereta api. Wanita tersebut juga didampingi oleh suaminya.

Indra mengatakan petugas kereta sangat sigap menghadapi kejadian langka tersebut. Para petugas yang membantu persalinan tersebut langsung merujuk wanita yang baru melahirkan itu ke rumah sakit terdekat.

“Demi keselamatan ibu dan bayi tersebut, wanita dan bayinya diturunkan di stasiun terdekat, yaitu Stasiun Tegal. Yang pasti dari kru kereta api langsung menelepon pihak RS. Jadi ketika sampai di Stasiun Tegal langsung dibawa petugas medis ke RS,” tutur Indra.

Indra juga sempat mendengar bahwa kru Kereta Matarmaja ikut menanggung penuh biaya perawatan dari RS.

“Biaya kelahiran semuanya ditanggung oleh dari Matarmaja, itu tadi disampaikan oleh kepala sekuriti kereta. ‘Bapak jangan khawatir, semua biaya RS ditanggung dari kami'” kata Indra.

Sumber : Detik.com